Kunjungi Polije, Utusan Kemenko PMK Kagumi TEFA dan Smart Garden House

9 Juni 2021 Wanda Dibaca 220 kali Informasi informasi
Kunjungi Polije, Utusan Kemenko PMK Kagumi TEFA dan Smart Garden House

Mareta Pratiwi, Kepala Bidang Pendidikan, Asisten Deputi Pendidikan Tinggi dan Pemanfaatan Iptek, Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengatakan, tuntutan kebutuhan pembangunan bangsa Indonesia saat ini adalah kualitas SDM unggul, kompeten serta berdaya saing. Menurutnya, hal tersebut merupakan hal yang harus diwujudkan khususnya di era Revolusi Industri 4.0. Hal tersebut disampaikan Ibu Mareta saat mengunjungi Politeknik Negeri Jember (Polije), Senin (4/11/2019).

"Kami beserta tim ditugaskan untuk menindaklanjuti langkah-langkah koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian kebijakan program dikti dan pemanfaatan iptek," kata Ibu Mareta.

Beliau menerangkan, kunjungan pihaknya ke Polije tersebut bertujuan untuk mengetahui dan memantau dari dekat pengembangan pendidikan tinggi vokasi di kampus itu. Setelah itu menyempatkan diri untuk mengunjungi TEFA yang berada di Politeknik Negeri Jember.

“Kami kagum dan tidak menyangka Polije telah pesat mengembangkan TEFA yang berstandar industri, yang bermanfaatkan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa serta berdampak untuk menghasilkan PNBP," ujarnya Ibu Mareta kagum, saat mengunjungi TEFA Smart Green House.

Beliau berjanji akan segera menindaklanjuti pencapaian Polije, khususnya dalam mengembangkan TEFA sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pengembangan PT vokasi.

"Semoga menjadi bagian penting untuk menyusun kebijakan strategis untuk mengembangan PT vokasi di masa mendatang", imbuh beliau berharap.

Sementara itu, Direktur Polije Saiful Anwar, S.TP, MP menerangkan bahwa pengembangan Perguruan Tinggi (PT) vokasi yang mempunyai tugas menyiapkan dan menghasilkan SDM unggul, kompeten, dan berdaya saing perlu terus didukung oleh para pemangku kepentingan (stakeholder).

"Mengingat lulusan PT vokasi seperti Polije sangat identik dengan kebutuhan pembangunan saat ini. Apalagi Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan juga telah menyampaikan perlu revitasilisasi PT vokasi," kata bapak Syaiful.

Dia juga menerangkan bahwa Polije telah mencetak berbagai pencapaian penting. Mulai dari pencapaian di jurusan dan program studinya, jumlah mahasiswanya, tata kurikulumnya hingga kerja sama yang telah dijalin di level nasional maupun internasional.

Di antara kerja sama bertaraf internasional yang dilakukan Polije adalah program pertukaran mahasiwa dan dosen maupun double degree dengan berbagai PT di Tiongkok, Korea, Thailand, Malaysia, dan rintisan negara lainnya.

Tidak lupa juga adanya program hibah kompetisi PEDP dan Revitalisasi serta mengembangan teaching factory (TEFA) yang berstandar industri sebagian bagian yang tidak terpisahkan dalam menguatkan tingkat kompetensi lulusan Polije.

“Polije telah mengembangkan program revitalisasi dan Pusat Unggulan Teknologi (PUT) berupa Teaching Factory (TEFA), meliputi PUT Pengolahan dan Pengemasan Pangan, PUT Produksi Pertanian, PUT Peternakan, dan PUT Informatika. Dan SGH (Smart Green House) adalah wujud dari PUT Produksi Pertanian diwujudkan dalam bentuk SGH (Smart Green House)" papar bapak Saiful.

Share :

Komentar

Kontak Kami

Kami menerima saran, masukan dan siap untuk menjawab setiap pertanyaan terkait dengan kebutuhan anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami.

Location:

Jl. Mastrip Kotak Pos 164 Sumbersari Jember

Email:

sgh@polije.ac.id

Call:

0331-333352